KURIKULUM 2013 ( TEMATIK INTEGRATIF )


 caption
Sobat guru, mulai tahun pelajaran 2013/2014 akan diberlakukan kurikulum baru, yaitu “ Kurikulum Tematik Integratif ”, dari mulai SD, SMP, SMA, dan SMK.
Kurikulum 2013 ini sudah diuji publik selama 3 minggu dari bulan November sampai pertengahan Desember 2012  dengan menggunakan beberapa pendekatan, yaitu : secara langsung (di 5 kota besar dan 33 kabupaten/kota) dan secara online yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Berikut ini beberapa karakteistik kurikulum 2013 ( Tematik Integratif  ) :
1.    Berbasis sains
2.    Untuk SD bersifat tematik integratif, IPA dan IPS akan diintegrasikan dengan semua mata pelajaran ( IPA akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika. IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN )
3.     Kompetensi yang ingin dicapai adalah kompetensi yang berimbang antara sikap ( attitude ), keterampilan ( skiil ), dan pengetahuan ( knowledge ) . Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35: kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.
4.     Proses pembelajaran menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasis tes dan portofolio saling melengkapi.
5. Jumlah mata pelajaran SD dikurangi dari 12 menjadi 6 mata pelajaran, yakni : Pendidikan agama, Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Bahasa indonesia, Matematika, Seni budaya dan prakarya, Pendidikan jasmani/olahraga dan kesehatan.
6.     Alokasi waktu per jam pelajaran ditambah, SD = 35 menit, SMP = 40 menit, SMA = 45 menit
7.    Jam pelajaran per minggu sebanyak : SD: Kelas I = 30 jam, kelas II= 32 jam, kelas III=34 jam, kelas IV, V,VI=36 jam, SMP = 38 jam, SMA = 39 jam

Kurikulum 2013 (tematik integratif) ini tidak jauh berbeda dengan kurikulum 1984 yaitu kurikulum CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) karena kedua kurikulum ini punya pola belajar yang sama yaitu pembelajaran berpusat pada siswa ( Student Centered ) seperti : mengembangkan keterampilan memproseskan perolehan, seperti mengamati/observasi, membuat hipotesis, merencanakan penelitian, mengendalikan variabel, menafsirkan data, menyusun kesimpulan, membuat prediksi, menerapkan dan mengkomunikasikan. Pada saat proses belajar mengajar peranan guru lebih ditekankan sebagai fasilitator, pemantau dan pemberi balikan yang lebih bersifat ulur tangan dari pada campur tangan.

Sedangkan perbedaan yang paling menonjol terletak pada jumlah pelajarannya saja, yakni pada kurikulum 2013 IPA dan IPS diintegrasikan dengan mata pelajaran lain, artinya nama “IPA dan IPS” akan ditiadakan namun substansinya tidak dihilangkan sedikitpun. Sedangkan pada CBSA, IPA dan IPS adalah mata pelajaran tersendiri namun isi materinya sangat mendasar.

Walaupun kedua kurikulum tersebut tidak jauh berbeda, namun Kurikulum Tematik Integratif  merupakan evolusi dan transformasi dari kurikulum CBSA karena kurikulum tersebut telah disesuaikan dengan zamannya masing-masing.

Bagaimana menurut anda ?




Komentar